Jalan-jalan ke Saint Petersburg-2014

Sebenernya ini pengennya dilakukan di tahun 2014, tapi baru kesampean setahun berikutnya. Mendarat di Bandara Pulkovo, yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Saint Petersburg (SPB).

Bersambung..

Posted in catatan harian | Leave a comment

Sehari di Moscow

Moscow adalah ibukota dari Russia, letaknya di Eropa bagian Timur.
Ane yakin pasti pernah dengar nama kota ini, walopun sebelumnya negara ini sempat tertutup dengan pergaulan dengan dunia luar.
Kota ini cukup menarik, bangunan-bangunan dan tata kotanya, tapi kekurangannya susahnya menemukan orang yang bisa berbahasa inggris untuk kota besar sekaliber Moscow.

Bolehlah bisa dikatakan backpacker untuk ke kota ini, sebetulnya pergi ke Rusia adalah perjalanan bisnis, tapi untuk vacation di Moscow, seems kantor gak mau tau.

Pertama kali ke Moscow waktu itu adalah masih musim salju, inget banget pas mendarat suhu nya luar biasa, bibir jadi keras dan susah berkomunikasi. Second time ke Moscow cuacanya lebih bersahabat, suhu waktu itu sudah lumayan panas, hampir 20 derajat celcius, di Indonesia suhu kayak gini mungkin bisa ditemui di gunung-gunung kali ya.

Berangkat dari kota Tyumen, terbang menuju bandara di Moscow, perjalanan memakan waktu 2 jam. Again, waktu itu menggunakan pesawat S7, sebuah maskapai penerbangan asli Rusia, pesawatnya merek Air Bus buatan Perancis. Isi pesawatnya mirip banget ama Lion Air jadul, gak keren banget lah. Untungnya aku duduk di sebelah cewe Rusia yang cantik jelita. Kulit putih, rambut panjang terurai, hidung agak mancung, beehhh.. Berbagai skenario kenalan dipersiapkan waktu itu, but unfortunately, dia gak bisa bahasa Inggris!! Padahal tadinya mau kenalan sampe minta account FB. Ah ya sudahlah, memang kurang beruntung kali ini, LOL.

Tujuan kali ini adalah menginap semalam di kota, dan menghabiskan malam di kota sambil nonton final Champions League! Gak usah khawatir dengan bagasi, di bandara ini ada tempat penitipan barang, 1 tas nya berharga 500 rubel. Waktu itu aku nitip dua koper, ya total ada 1000 rubel, dan kalo dirupiahkan menjadi 300 ribu rupiah untuk perhari.

Setelah menitipkan barang, gw langsung keluar bandara, cari-cari taksi, siapa tau ada yang murah. Sebenarnya ada pilihan transportasi lain dari bandara ke Moscow, naek kereta api aeoroekspress, waktu pertama kali ke Moscow, aku pake kereta itu, harganya kalo di rupiahkan kalau gak salah untuk sekali jalan adalah 180 ribu rupiah, lumayan mahal memang, tapi lebih baik lah kalo cuma sendirian naek kereta api. Waktu itu aku serombongan pergi ke Moscow, jadi waktu itu kita pake taksi dari bandara ke kota Moscow. Again memang mahal sih, biaya taksi ke kota at least 3000 rubel, dirupiahkan ada sekitar hampir 1 juta rupiah. Ingat harus jago nawar harga taksi di sini, karena bisa saja supir taksi melambungkan harganya tinggi banget.


Perjalanan ke kota Moscow memakan waktu 40 menitan. Jalanan juga lancar, tidak ada macet. Aku sibuk lihat kiri kanan, memperhatikan sepanjang jalan dengan excited, sementara teman teman pada tidur. Pak sopir juga diam diam saja, sesekali dia ngomong bahasa inggris, itupun cuma tanya dari negara mana, setelah itu dia hanya ngomong Yes – No – Yes – No. Gw juga gak yakin dia ngerti apa yang aku omongin πŸ˜›

Sepanjang perjalanan, aku cuma bisa celingak celinguk, sesekali pemandangan bagus tampak, dan kamera hp sudah stand by hahaha.. sesekali juga aku rekam video selama perjalanan, dan sesekali juga sang sopir dengan bahasa isyaratnya memberitahu kalau kalau ada gambar bagus untuk di foto. Sesekali juga tampak ada orang yang berjualan buah-buahan, gak jelas buah apa, tapi ternyata di luar negeri juga ada kaki lima nya untuk di jalan highway gini, padahal di Indonesia juga gak ada kali ya hahaha..

Ketika memasuki kota Moscow, jalanan mulai padat, hilir mudik bus berlewatan, mobil mulai ramai. Yang unik, ada beberapa bus di sini yang menggunakan listrik, dan kelihatannya memang menggunakan listrik, soalnya bus ini jalan mengikuti kabel yang melintang di atasnya, kalau gak salah di Indonesia dulu juga ada, entah berita itu benar atau tidak.
Tapi sayangnya aku gak sempat naik bus ini, Bus ini cukup banyak di kota Moscow. Mengenai harga tiket naik bus, waduh maaf aku juga kurang tahu, keadaan bus nya juga gak bagus, mungkin ini bus tua, tapi masih dipakai, at least lebih baik kondisinya daripada metro mini di Jakarta. Seperti di kota Tyumen, bus ini berhenti di shelter-shelter khusus, so tidak ada penumpang yang bisa memberhentikan bus di seenak tempatnya.

Sepanjang perjalanan, kagum bermunculan terhadap kota ini, bangunan kota nya sangat unik, terlihat jadul-jadul gitu, tapi sangat OK. Dan sepanjang perjalanan, jarang sekali ditemui gedung-gedung tinggi.

Kami menuju sebuah hotel yang terletak di pusat kota Moscow, harganya memang agak mahal sih untuk satu kamar semalam, satu malam menghabiskan 3 juta rupiah. Tapi sedikit tricky untuk menginap di sana, satu kamar kita paksa untuk tinggalin berenam! How it works? Kita sebelumnya sudah booking 1 kamar di hotel tersebut, dan ketika mau check in, hanya dua dari kita yang check in, sisanya stand by di luar, dan kita masuk ke kamar hotel secara bergantian! Begitu juga keluarnya! Kita sih pasrah aja kalau kalau ketahuan, siap-siap bayar, tapi Alhamdulillah sampai check out, aman aman saja! πŸ˜€
Memang agak mahal menginap di hotel ini, tapi kita nginap di sini dengan berbagai pertimbangan, yaitu terletak di pusat kota dan sangat berdekatan dengan Kremlin, atau terkenal dengan nama Red Square, atau di Indonesia terkenal dengan nama Lapangan Merah Moskow. Menurut sejarah, Kremlin ini dulunya adalah sebuah benteng, dan sekarang digunakan sebagai White House nya Rusia, atau kantor resmi nya pak presiden Rusia.

“Belum ke Rusia jika belum ke Kremlin.” Banyak orang bilang begitu, seakan negara seluas Rusia diwakili dengan Kremlin. Kata ‘Kremlin’ dulu mengacu pada jajaran pemerintah Uni Soviet pada tahun 1922-1991. Anggotanya terdiri dari para Presiden, Perdana Menteri, Sekretaris, Menteri, dan Komisaris. Sekarang, nama Kremlin dianugrahkan pada sebuah komplek benteng yang berisi 4 istana, 4 katedral, juga Kremlin Wall dan Kremlin Towers.Β  Benteng ini sendiri awalnya dibangun pada abad ke-15

Terletak di jantung kota Moskow, Benteng Kremlin bertengger cantik di sebelah Sungai Moskow. Sisi timurnya menghadap ke Red Square atau Lapangan Merah, yang bersama-sama dengan Benteng Kremlin menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Komplek ini dulunya menjadi tempat tinggal para Tsar.

Berikut beberapa penampakan si benteng kremlin :

Salah satu sisi benteng kremlin, gak jelas patung apa ini, udah coba browsing di internet tapi belom ketemu, kalau teman-teman punya informasi, kabari ya!! Waktu itu hari sabtu, pas sekali ama weekend, dan sangat sangat ramai buanget disini, manusia dari berbagai negara ada disini, tapi overall dari Eropa, soalnya pada berkulit putih. Tidak perlu bayar untuk masuk ke sini, seperti taman kota saja, kita tinggal berjalan-jalan keliling mengitari benteng kremlin ini. Suasana nya juga hijau banget, banyak pohon disini. Mungkin dari foto terlihat cuacanya sangat panas disini, padahal waktu itu lumayan sejuk dan angin lumayan berhembus.

Gambar di atas adalah salah satu menara benteng Kremlin.
Kebetulan di saat yang bersamaan ada pasangan yang sedang melangsungkan pernikahan di sana.
menara ini dinamakan Oruzheynaya Tower, dibangun pada tahun 1495. Menara ini letaknya dekat dengan patung pastur di atas. Di bagian bawah menara kelihatannya ada sebuah museum, unfortunately, waktu itu gak sempat masuk ke sana. Dari foto ini terlihat jelas dinding benteng ini, ada celah celah tempat untuk berlindung dan menembakkan panah, seperti di film-film perang jaman dulu.Β  Sepanjang benteng kremlin ada seperti tempat duduk (walopun aslinya tidak boleh didudukin) yang terbuat dari keramik, dan setelah survey ke teman Rusia katanya bertuliskan nama – nama kota di Rusia

Foto pak sekuriti lagi mendatangi pengunjung yang mencoba duduk duduk di tulisan keramik atas. Di belakang pak sekuriti tu salah satu menara di benteng kremlin, Gw belom nemu nama tower nya. Walopun sebenarnya dilarang duduk di keramik nya, tapi masih aja ada orang yang bandel dan duduk di keramik.

Nikolskaya Tower, dibangun tahun 1492. Tower ini terletak di sisi lain dari benteng yang disebutkan di atas, bagian belakang benteng lah.

Spasskaya Tower , dibangun tahun 1491 oleh arsitek asal italia. Merupakan pintu masuk utama dari benteng Kremlin., lho katanya tadi ini bagian belakang??!! dan katanya dan katanya, bintang yang ada di atas menara bukan hasil buatan si arsitek, konon bintang ditambahkan ketika pemerintahan soviet.

Gak cuma menara, di sekitaran benteng juga ada bangunan lain yang gak kalah menarik. Salah satunya adalah Gereja St. Basil Catedral

Bersambung..

20 July 2013

Posted in catatan harian | Leave a comment

Jalan Jalan di Kota Tyumen

Terletak di Russia, ibukota provinsi Tyumenskaya Oblast – kalau memang benar Oblast adalah merujuk pada provinsi. Kota ini juga terletak di wilayah Siberia, yang mana terkenal sebagai daerah penghasil minyak pertama kali di Rusia, begitu kata seseorang. Kota ini unik, tidak ada bangunan tinggi menjulang, hanya deretan toko-toko, apartemen atau bisa dikatakan rusun di Indonesia, mall, dan tentunya taman kota yang jumlahnya sangat banyak di kota ini. Aku cuma melihat ada 2 mall di sini, dengan jumlah taman kota yang lebih dari 10 taman untuk ukuran kota kecil ini.

Berikut adalah tampilan kota Tyumen..

Patung

Tidak jelas patung apa ini, tidak ada tulisan apapun disini, tapi patung ini terletak di jantung kota Tyumen. Foto ini diambil ketika musim salju, dan saat itu bersuhu sekitar minus 9 derajat celcius.

Tempat pemberhentian bus. Cukup teratur, bus-bus harus berhenti di tempat tertentu, bukan sembarangan tempat.

Taman kota, cukup ramai disini, dimana sang orang tua membawa anak-anaknya untuk bermain disini, ada yang bermain perosotan, ada yang main bola salju. Dan uniknya, aku dilihatin mulu ama orang tua mereka, dikira mau culik kali ya -__-

Waktu itu lagi sunday morning, di sini juga ada pasar lho. Boleh lah di bilang pasar kaget. Foto ini di ambil ketika musim semi yang suhu nya sekitar 12 derajat celcius

Sebuah gereja di kota. Menurut sumber internet nama gereja ini adalah Krestovozdvizhenskaya Chruch

Musim semi musimnya sepedaan, transportasi favorit disini kalau tidak bus, mobil pribadi, ya sepeda. Pengguna sepeda motor sangat jarang, kalaupun ada motor, pasti motor gede yang mahal

Taman kota yang terletak di depan gedung pemerintahan. Berdiri tegak Patung Vladimir Lenin, tokoh Revolusioner Rusia. Tokoh ini cukup disegani di Rusia. Temen ku dari Rusia bilang, setiap kota di Rusia memiliki patung ini. Katanya sih dia yang membawa paham-paham komunisme gitu di seantero Rusia. Patung ini terletak di tengah-tengah kota Tyumen, yang mana patung ini terletak berhadapan dengan sebuah bangungan pemerintahan kota Tyumen. Cukup ramai tempat ini, terutama waktu weekend, orang-orang pada berkumpul di tempat ini. Ada kisah unik ketika aku take photo di sini, ada dua orang Rusia datang menghampiri, dan mereka mabuk, aroma minuman keras sangat kental ketika ngomong. Sedikit takut sih pas mereka datang, kirain mau di rampok, eh ternyata mereka cuma mau minta foto doank sama turis satu ini hahaha..

Siberia, dimana kota Tyumen terletak, seperti yang telah dijelaskan merupakan penghasil minyak terbesar di Rusia – katanya. Ada sebuah monumen/patung bapak bapak dengan memegang jaket dan di bagian belakang patung batu tersebut ada yang namanya di dunia oil and gas dinamakan “BIT”, BIT adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses drilling/pengeboran. Bit dan patung bapak ini menggambarkan seolah-olah di Siberia inilah minyak pertama kali ditemukan – kembali kata nya.. πŸ™‚

Kalau untuk urusan makanan, belum ketemu tempat jajanan di pinggir jalan. Tapi aku sempat coba Restoran Cina, Restoran Mexico, dan yang terakhir Restoran Rusia. Ketiga restoran ini menawarkan makanan khas negara masing masing.

Restoran Mao (gambar di atas) menawarkan masakan China. Waktu itu sempat makan bebek peking juga disana, dan rasanya sangat sangat mantap, walaupun metode penyembelehan si bebek gak jelas, tapi ya sudah lah, bismillah saja πŸ˜›

Aku gak punya gambar tampak depan Restoran Mexico, tapi sepengalamanku, masakannya koq mirip dengan masakan Indonesia ya πŸ˜›
Yang terakhir pernah aku coba yaitu Makan di Restoran Rusia, kebetulan ada beberapa gambar makanan apa saja yang disajikan di restoran ini, dan di restoran ini juga jadi last moment aku di kota Tyumen bersama teman-teman terbaik πŸ˜€
Foto di bawah adalah tampilan depan dari Restoran Rusia, restoran ini menggunakan desain dinding dengan kayu plus kincir angin di bagian atas bangunan restoran

Tampak dalam restoran, interiornya agak jadul dengan taplak meja plus karpet.

Salah satu makanan yang menarik perhatian, ikan yang dibekukan di lemari es, katanya sih belum dimasak, setelah cukup beku lalu diiris iris tipi dan dimakan langsung dengan semacam saus tapi gak pedes juga, dan rasanya sangat sangat mirip es krim πŸ˜€

Salah satu masakan khas Rusia, daging sapi dengan gorengan yang mirip perkedel πŸ˜€

Alat makan khas Rusia, sempat beli ini sebagai oleh-oleh untuk pajangan rumah πŸ˜€

Pose sebelum makan, selama ini kukira kebiasaan ini cuma dimiliki orang Indonesia. *Walaupun sebenernya ide untuk ambil foto sebelum makan datang dari temenku yang orang Indonesia juga, so kita memperkenalkan budaya Indonesia keluar πŸ˜›

Dan foto terakhir adalah last moment kumpul bersama teman-teman luar biasa. Mereka-mereka ini dari negara Skotlandia, Rusia, Cina, Australia, Colombia, Ekuador, Amerika Serikat, dan Kenya. Foto ini diambil di depan restoran. Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa bersama selama kurang lebih dua bulan, pengalaman berjuang untuk kerja tim, pengalaman sama-sama senang dan kadang pernah ada emosi dalam satu tim. Sukses buat kita semua teman-teman. See you next time and have a success career!!

Salam,
Ikhsan A
20 June 2013

Posted in catatan harian | 1 Comment

First JOB as M/LWD Engineer at Rig Pertamina RDL

Rig pertama ku, my first rig, di Pertamina EP Rengasdengklok sebagai M/LWD Engineer. Life here is really tough! Life here is really Full of Challenge. I am glad aku senang bisa disini, semoga Allah memperkuat langkah ku!! Hope Allah Strengthen my step!! See what will happen in the next 8 Months! Bismillah

Love you all, my family and friends!!

Posted in Uncategorized | 1 Comment

On the first year, no one said that this job is easy

I have chosen you for specific reason to do specific task and I entrusted you with this task for. You always mentioned that you love challenge since we met. To conquer the challenge you need to believe in your faith… and I trust you that you can handle it… so do it guys!! On the first year, no one said that this job is easy, but you may need to believe that your knowledge investment will be really meaningful later. Not only will it be a great knowledge of expertise but it will quickly lift your intellectual functions of mental agility to a higher level. Keep spirit everyone.. my big hug with love to you all πŸ™‚

Facebook Update Status of Krisdiana W (SLB Recruiter)

Posted in catatan harian | Leave a comment